Inilah Permasalahan Kesehatan Remaja Masa Kini

Inilah Permasalahan Kesehatan Remaja Masa Kini

Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 12 tahun sampai 21 tahun. Dari bahasa inggris “teenager” yakni manusia usia 13-19 tahun.Dimana usia tersebut merupakan perkembangan untuk menjadi dewasa untuk itu peran orang tua disini betul betul berperan, karena kalau tidak diarahkan sesuai dengan kaidah agama dan nilai etika yang baik pasti cenderung terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Remaja sering dianggap sebagai sebuah kelompok yang sehat. Namun demikian, banyak remaja mati sebelum waktunya karena kecelakaan, bunuh diri, kekerasan, kehamilan komplikasi terkait dan penyakit lainnya yang baik dicegah atau diobati.  Banyak remaja yang  menderita sakit kronis kesehatan dan cacat.  Selain itu, banyak penyakit serius di masa dewasa memiliki akar pada masa remaja. Sebagai contoh, penggunaan tembakau, infeksi menular seksual termasuk HIV, makan yang buruk dan kebiasaan olahraga, mengakibatkan kematian dini penyakit atau di kemudian hari.

Pada umumnya remaja dan  anak muda sehat. Namun, lebih dari 1,8 juta orang muda berusia 15 sampai 24 meninggal setiap tahun.  Sebuah umlah yang jauh lebih besar dari orang-orang muda menderita penyakit yang menghalangi kemampuan mereka untuk tumbuh dan mengembangkan potensi mereka sepenuhnya. Sejumlah besar masih terlibat dalam perilaku yang tidak hanya membahayakan kondisi saat mereka kesehatan, tapi seringkali kesehatan mereka selama bertahun-tahun yang akan datang.  Hampir dua pertiga kematian dini dan sepertiga dari total beban penyakit pada orang dewasa yang berhubungan dengan kondisi atau perilaku yang dimulai di masa muda mereka, termasuk: penggunaan tembakau, kurangnya aktivitas fisik, hubungan seks tanpa kondom atau terkena kekerasan.

  • Lebih dari 1,8 juta orang muda berusia 15 sampai 24 meninggal setiap tahun, terutama karena menyebabkan dicegah.
  • Sekitar 16 juta anak perempuan berusia 15 sampai 19 melahirkan setiap tahun.
  • Orang muda, 15 hingga 24 tahun, menyumbang 40% dari semua infeksi HIV baru di kalangan orang dewasa di tahun 2008.
  • alam setiap tahun tertentu, sekitar 20% dari remaja akan mengalami masalah kesehatan mental, yang paling sering depresi atau kecemasan.
  • Sekitar 150 juta orang muda penggunaan tembakau.
  • Sekitar 565 orang muda berusia 10-29 mati setiap hari melalui kekerasan interpersonal.
  • luka lalu lintas Jalan menyebabkan 1 000 orang diperkirakan muda untuk mati setiap hari.

Mempromosikan perilaku yang sehat selama masa remaja, dan mengambil langkah untuk melindungi kaum muda dari resiko kesehatan sangat penting untuk masa depan ‘kesehatan negara dan infrastruktur sosial dan pencegahan masalah kesehatan di usia dewasa. Pada tahun 2002, PBB Sidang Khusus Majelis Umum pada Anak mengenali kebutuhan untuk “pengembangan dan pelaksanaan kebijakan kesehatan nasional dan program untuk remaja, termasuk tujuan dan indikator, untuk mempromosikan kesehatan fisik dan mental mereka”. Sebuah kerangka kerja penting bagi Teman-orang kesehatan muda adalah Millenium Development Goals (MDGs). Dua dari MDGs sangat relevan dengan Teman-orang kesehatan muda.

  • MDG 5 bertujuan untuk mencapai akses universal terhadap kesehatan reproduksi, yang salah satu indikator adalah tingkat kehamilan antara 15 sampai 19 anak perempuan tahun.
  • MDG 6 untuk menghentikan penyebaran HIV / AIDS memiliki indikator seperti penurunan 25% di antara orang-orang muda, dan juga mengukur proporsi anak usia 15 hingga 24 tahun dengan pengetahuan yang komprehensif dan benar HIV / AIDS.

Pada tahun 2003, Komite Konvensi tentang Hak-hak Anak (CRC) mengeluarkan Rekomendasi Umum di mana kesehatan dan kebutuhan khusus pembangunan dan hak-hak remaja dan orang muda yang diakui.  Ini adalah lebih lanjut didukung oleh Konvensi Penghapusan Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW) dan Hak atas Kesehatan.

Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Pada usia remaja atau usia 13-18 tahun,  seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi.Kenakalan re,maja mulai dari yang wajar hingga patologis banyak dijumpai di lingkungan masyarakat.
Kenakalan Remaja atau  istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang”.  Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.”  Masalah kenakalan remaja mulai mendapat perhatian masyarakat secara khusus sejak terbentuknya peradilan untuk anak-anak nakal (juvenile court) pada 1899 di Illinois, Amerika Serikat.

Kenakalan remaja

  • Penyalahgunaan narkoba
  • Pergaulan bebas
  • Tawuran antara pelajar
  • Anarkisme
  • Kekerasan di dalam sekolah antar teman
  • Kriminalitas remaja
  • Membolos Sekolah

Masalah kesehatan Remaja

Beberapa masalah kesehatan utama yang mempengaruhi orang muda yang dijelaskan di bawah ini.

kehamilan dan persalinan dini

Sekitar 16 juta anak perempuan berusia 15 sampai 19 tahun melahirkan setiap tahun – sekitar 11% dari semua kelahiran di seluruh dunia. Resiko kematian dari penyebab yang berhubungan dengan kehamilan jauh lebih tinggi untuk remaja daripada wanita yang lebih tua. The younger the adolescent, the greater the risk. Semakin muda, remaja semakin besar risikonya.  Perumusan dan penegakan hukum yang menetapkan usia minimum perkawinan, mobilisasi masyarakat untuk mendukung hukum, dan akses lebih baik untuk informasi dan pelayanan kontrasepsi dapat menurunkan-awal kehamilan juga.  Mereka remaja yang hamil harus diberikan dengan kualitas pemeriksaan kehamilan dan persalinan terampil. Jika diizinkan oleh hukum, orang-orang remaja yang memilih untuk mengakhiri kehamilan mereka harus memiliki akses ke aborsi aman.

HIV HIV

Lima belas sampai 24 usia tahun menyumbang 40% perkiraan dari semua infeksi HIV baru di kalangan orang dewasa di seluruh dunia pada tahun 2008. Setiap hari, 2 500 lebih orang-orang muda terinfeksi dan global ada lebih dari 5,7 juta orang muda yang hidup dengan HIV / AIDS.  Orang-orang muda perlu tahu bagaimana melindungi diri mereka sendiri dan memiliki sarana untuk melakukannya.  Ini termasuk kondom untuk mencegah penularan seksual dan membersihkan virus dan jarum suntik bagi mereka yang menyuntikkan narkoba. Saat ini, hanya 30% laki-laki muda dan 19% wanita muda memiliki pengetahuan yang komprehensif dan benar mereka butuhkan untuk melindungi diri dari tertular virus. Akses yang lebih baik untuk konseling dan tes HIV akan menginformasikan kaum muda tentang status mereka, membantu mereka untuk mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan, dan menghindari penyebaran lebih lanjut virus. Budaya dan kondisi sosial ekonomi meningkatkan kerentanan orang-orang muda untuk infeksi HIV, strategi pencegahan HIV yang efektif harus bertujuan untuk mengatasi faktor ini juga.

Malnutrisi

Banyak anak laki-laki dan perempuan di negara berkembang masuk remaja kekurangan gizi, membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit dan kematian dini. Sebaliknya, kelebihan berat badan dan obesitas (bentuk lain dari gizi buruk dengan konsekuensi kesehatan yang serius dan implikasi finansial jangka panjang penting bagi sistem kesehatan) semakin meningkat di kalangan anak muda di kedua negara-negara berpenghasilan rendah dan tinggi. Gizi yang cukup dan makan sehat dan kebiasaan latihan fisik pada usia ini adalah dasar bagi kesehatan yang baik di usia dewasa.. Selain itu, penting untuk mencegah masalah gizi dengan memberikan saran, makanan dan suplemen mikronutrien (misalnya untuk remaja hamil), serta mendeteksi dan menangani masalah-masalah (seperti anemia) segera dan efektif ketika mereka terjadi.

Kesehatan Mental

Dalam setiap tahun tertentu, sekitar 20% dari remaja akan mengalami masalah kesehatan mental, yang paling sering depresi atau kecemasan. Risiko meningkat oleh pengalaman kekerasan,, devaluasi penghinaan dan kemiskinan, dan bunuh diri merupakan salah satu penyebab utama kematian pada orang muda. Bangunan keterampilan hidup pada anak-anak dan remaja, dan menyediakan mereka dengan dukungan psikososial di sekolah-sekolah dan pengaturan masyarakat lainnya dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.  Jika masalah muncul, mereka harus terdeteksi dan dikelola oleh peduli kesehatan pekerja dan kompeten.

Penggunaan tembakau dan Rokok

Sebagian besar pengguna tembakau di seluruh dunia dimulai ketika mereka remaja. Hari ini merupakan 150 juta orang muda penggunaan tembakau. Jumlah ini meningkat secara global, khususnya di kalangan wanita muda. Setengah dari para pengguna akan mati prematur sebagai akibat dari penggunaan tembakau.  Larangan iklan tembakau, menaikkan harga produk tembakau dan undang-undang yang melarang merokok di tempat umum mengurangi jumlah orang yang mulai menggunakan produk tembakau. Mereka juga menurunkan jumlah tembakau yang dikonsumsi oleh perokok dan meningkatkan jumlah orang muda yang berhenti merokok.

Bahaya penggunaan alkohol

Bahaya alkohol di kalangan kaum muda adalah kekhawatiran meningkat di banyak negara. It reduces self-control and increases risky behaviours. Hal ini mengurangi kontrol diri dan meningkatkan perilaku berisiko. Ini merupakan penyebab utama dari cedera (termasuk yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas jalan) kekerasan, (terutama kekerasan domestik) dan kematian prematur.  Larangan  iklan minuman alkohol dan akses mengatur untuk itu adalah strategi yang efektif untuk mengurangi penggunaan alkohol oleh orang-orang muda. Intervensi singkat, nasihat dan konseling bila menggunakan alkohol terdeteksi dapat berkontribusi untuk mengurangi penggunaan berbahaya.

Kekerasan

Kekerasan adalah salah satu penyebab utama kematian di kalangan anak muda, terutama laki-laki: 565 diperkirakan merupakan orang-orang muda berusia 10 hingga 29 tahun meninggal setiap hari melalui kekerasan interpersonal.  Untuk setiap kematian, sebuah 40 diperkirakan 20 untuk pemuda membutuhkan perawatan rumah sakit untuk cedera yang berhubungan dengan kekerasan.

Mempromosikan membina hubungan antara orang tua dan anak-anak sejak awal kehidupan, memberikan pelatihan keterampilan hidup, dan mengurangi akses ke alkohol dan berarti mematikan seperti senjata api membantu mencegah kekerasan.  Perawatan dan empati Efektif bagi remaja korban kekerasan dan dukungan yang berkelanjutan dapat membantu menangani dengan baik fisik dan psikologis akibat kekerasan.

Trauma

Trauma tidak disengaja adalah penyebab utama kematian dan cacat di antara orang-orang muda. Trauma luka lalu lintas di Jalan mengambil nyawa muda sekitar 1 orang 000 setiap hari.  Naehat bagi  orang-orang muda pada mengemudi dengan aman, keras dalam menegakkan hukum yang melarang mengemudi di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan dan meningkatkan akses transportasi umum yang aman dan andal dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas jalan pada orang muda.Jika jalankecelakaan  lalu lintas terjadi, akses cepat untuk perawatan trauma secara efektif dapat menyelamatkan kehidupan.

  • Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.

dr Widodo judarwanto SpA

Adolescent Clinic : Klinik Khusus Kesehatan remaja

Supported by

Clinic For Children Yudhasmara Foundation JL Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat Phone :62 (021) 70081995 – 5703646 http://childrenclinic.wordpress.com/

Clinical and Editor in Chief :

Dr Widodo Judarwanto SpA, pediatrician

email : judarwanto@gmail.com,

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider.

Copyright © 2010, Clinic For Children Information Education Network. All rights reserved

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s