Penyebab Gangguan Tidur Pada Bayi dan Anak

1. Sedang sakit. Bila gangguan tidur jarang terjadi, biasanya penyebab paling sering adalah sedang infeksi demam, batuk, pilek atau infeksi saluran cerna.

Memiliki rasa takut
Memiliki rasa takut atau khawatir ketika akan tidur merupakan penyebab paling umum si kecil tidak bisa tidur. Misalnya ia takut akan suasana gelap atau takut seorang diri.

Cobalah untuk memberinya keyakinan bahwa tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan, atau menempatkan sesuatu yang membuatnya bisa merasa lebih baik di dalam kamar.

Mengalami mimpi buruk
Ketika anak mengalami mimpi buruk biasanya ia akan takut untuk tidur kembali, baik pada saat itu atau keesokan harinya. Biasanya mimpi buruk terjadi pada anak ketika ia menonton acara televisi dengan kekerasan atau membaca buku yang menakutkan.

Cobalah mengajak anak berpikir positif sebelum tidur, membacakan buku yang lucu dan menarik atau memainkan musik yang menenangkan sehingga anak bisa lebih rileks.

Stres
Stres dan khawatir juga bisa menyerang anak-anak, misalnya tertekan dengan tes di sekolah, pekerjaan rumah, tim olahraga kesayangannya atau kegiatan lain di luar sekolah. Cobalah mendengarkan keluh kesah anak, dan jika kegiatannya terlalu banyak maka sebaiknya dikurangi agar anak memiliki lebih banyak waktu luang.

Terjadi perubahan besar dalam hidupnya
Perubahan ini bisa berupa perceraian orangtua, kematian orang yang disayangi, penyakit tertentu atau pindah ke kota yang baru. Biasanya anak memerlukan waktu untuk beradaptasi, selama waktu itu cobalah memberikan kenyamanan dan rasa aman sehingga anak lebih tenang dan membantunya untuk cepat tidur.

Merasa tidak nyaman
Suasana kamar yang terlalu panas, terlalu dingin, ramai oleh berbagai suara atau ketika lapar, bisa membuat anak sulit tidur. Untuk itu buatlah kondisi kamar yang nyaman dan santai sehingga si kecil bisa tidur dengan nyenyak.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s